Minum Kopi Bisa Mengatasi Sembelit, Benarkah?

Home / Gaya Hidup / Minum Kopi Bisa Mengatasi Sembelit, Benarkah?
Minum Kopi Bisa Mengatasi Sembelit, Benarkah? Ilustrasi Minum Kopi. (Foto: Readersdigest)

TIMESTRENGGALEK, JAKARTAMinum kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat urban. Di tengah padatnya jadwal kerja, kopi sering dianggap sebagai penyelamat karena bisa menghalau mengantuk saat bekerja. Selain itu, banyak juga yang mengatakan jika kopi bisa mengatasi sembelit. Benarkah?

Melansir dari Klik Dokter, ada satu studi yang melakukan penelitian pada 99 partisipan. Mereka yang terlibat dalam penelitian diwawancarai mengenai kebiasaan buang air besar dan minuman apa yang mereka konsumsi untuk melancarkan susah BAB tersebut.

Sebanyak 63 persen partisipan mengatakan bahwa kopi adalah minuman yang mereka gunakan untuk memicu keinginan buang air besar. Kopi ditemukan meningkatkan pergerakan usus bagian rectosigmoid, setidaknya dalam waktu 30 menit setelah meminumnya. Hasil ini membuktikan bahwa kopi menstimulasi respon motorik dari usus bagian distal pada beberapa orang.

Namun, kandungan kafein pada kopi sendiri masih belum bisa menjelaskan bagaimana minuman ini bisa mengatasi sembelit. Pasalnya, pada penelitian lain juga ditemukan bahwa kopi yang tidak mengandung kafein ternyata juga dapat menstimulasi pergerakan usus pada beberapa orang.

Pada sebagian orang, minum kopi memang punya efek membantu melancarkan BAB. Akan tetapi menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders (IFFGD), minuman berkafein secara berlebihan justru membuat frekuensi BAB meningkat dan konsistensi feses yang keluar lembek hingga cair.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian di atas, bisa dikatakan bahwa kopi dapat membantu mengatasi sembelit pada beberapa orang. Namun, kopi tidak bisa menyembuhkan atau mengatasi kondisi sembelit yang sudah parah.

Nah, selain minum kopi ada cara lain yang lebih ampuh mengatasi sembelit. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat kaya serat agar BAB lebih lancar dan jauh dari sembelit. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com