Kabupaten Malang Emas

7 Ton Konsentrat untuk Memacu Kualitas dan Produksi Susu

Home / Berita / 7 Ton Konsentrat untuk Memacu Kualitas dan Produksi Susu
7 Ton Konsentrat untuk Memacu Kualitas dan Produksi Susu Proses penurunan konsentrat dari truk di gudang pakan UPT PPHP Desa Bambang Kecamatan Wajak. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESTRENGGALEK, MALANG – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang Rabu siang, (1/11/2017) mendatangkan 7,5 ton pakan konsentrat untuk sapi perah di Unit Pelaksana Teknis Pembibitan dan Pengolahan Hasil Peternakan (UPT PPHP) Wajak.

Upaya itu sebagai bentuk upaya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang meningkatkan produksi susu sapi perah. Sejauh ini rata-rata produksi susu di UPT Desa Bambang Wajak itu 11,48 liter/ekor/haru. Dengan ditambahnya pakan konsentrat itu diharapkan produksi ikut meningkatkan produksi susu sapi.

Konsentrat yang sengaja didatangkan dari Probolinggo itu untuk menambah proses laktasi dalam tubuh sapi perah sehingga jumlah air susunya menjadi meningkat

SapijbhUQ.jpg

Seperti disampaikan Kasie Pakan Bidang Perbibitan, Produksi dan Pakan, Sugeng Widodo, S.Pt, kenaikan produksi susu nantinya tidak bisa langsung, tapi bertahap. ''Masih perlu penyesuaian sedikit demi sedikit untuk jenis pakan baru, sehingga setelah terbiasa nantinya bisa dilihat kenaikannya (produksi maupun kualitas susunya, red),” kata pria asal Turen ini didampingi Technical Servis Nutrifeed. Nutrifeed sendiri merupakan nama dari produk ini.

Selain menambah kualitas pakan di UPT, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang juga berkomitmen meningkatkan produksi maupun kualitas susu di kelompok-kelompok binaan. Nantinya juga akan dilakukan pemberian bantuan (hibah) konsentrat sapi potong untuk tiga kelompok di tiga kecamatan yaitu Pakis, Pakisaji dan Kalipare.

Sementara itu, jenis pakan konsentrat ini berasal dari KJUB Puspetasari Tongas Probolinggo. Produsen ternama ini juga semakin melebarkan sayapnya dengan melayani area Malang Raya, terutama bagi ternak ruminansia seperti sapi perah dan sapi potong. Saat ini, mereka juga sudah memasarkan berbagai macam produknya di poultry-poultry shop di kawasan Malang Raya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com