Pemilihan BEM Unej Gunakan E-Voting

Home / Pendidikan / Pemilihan BEM Unej Gunakan E-Voting
Pemilihan BEM Unej Gunakan E-Voting Pemilu BEM Unej pakai E-voting. Foto(Angga/timesindonesia)

TIMESTRENGGALEK, JEMBER – Penyelenggaraan pemilu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jember, menggunakan sistem pemilihan elektronik atau disebut E-Vote.

Menurut Wakil Rektor I Zulfikar, penggunaan e-vote ini merupakan sebuah inovasi dan perkembangan baru dalam proses demokrasi di kampus. Dulu masih menggunakan cara konvensional, sekarang sudah pakai aplikasi.

"Dalam proses pemilihan BEM Universitas dan BPM Universitas, sudah langsung masuk dalam aplikasi Sistem terpadu (Sister) Unej. Jadi sangat praktis sekali dalam proses pemilihannya," ujarnya saat ditemui di Fakultas Pertanian Unej, Kamis, (2/11/2017).

Zulfikar menjelaskan, aplikasi e-vote ini sudah langsung bisa menginput data mahasiswa yang masih aktif, mulai dari angkatan tertua hingga angkatan termuda. Dan proses pemilihannya menggunakan nomor induk mahasiswa (NIM) dan password aplikasi sister.

BERITA-E-VOTING-JEMBER1jcaY.jpg

"Jadi setiap mahasiswa aktif akan bisa langsung sebagai peserta pemilu kampus ini, dan akses masuknya melalui NIM dan password masing-masing mahasiswa," jelasnya.

Ketua KPUM Mochammad Musta'anul Khusni menambahkan, sistem e-vote ini juga terintegrasi pada e-TPS, jadi hanya komputer yang berada di TPS lah yang dapat mengakses proses pemilihan.

E-VOTING-JEMBER24Dpf.jpg

"Komputer di setiap TPS sudah dienkripsi dengan aplikasi dan diintegraskan, dalam laman sister Unej," tambahnya.

Selain itu, tambah Khusni, e-vote ini merupakan aplikasi yang dapat melihat secara langsung perkembangan suara yang masuk dari seluruh fakultas untuk masing-masing paslon.

"Jadi aplikasi ini adalah aplikasi real count dan real time, untuk melihat perkembangan suara," tutupnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com